Jumat, 04 Januari 2008

Peranti Masukan Komputer


PERANTI MASUKAN


Peranti masukan adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video dan bahkan gerakan. Jenis-jenis peranti masukan antara lain :

  1. Peranti pengetikan.

  2. Peranti penunjuk.

  3. Peranti pengambil gambar terformat.

  4. Peranti pengambil gambar tak terformat.

  5. Peranti suara.

  6. Peranti video.

  7. Peranti gerakan.

  8. Peranti masukan lainnya.



    1. Peranti Pengetikan.

Peranti pengetikan dipergunakan untuk memasukkan data atau perintah yang biasanya berupa huruf, angka atau symbol. Contoh dari peranti ini antara lain : keyboard, ATM ( Automated Teller Machine ) dan POS ( Point Of Sale ).


    1. Peranti Penunjuk.

Peranti penunjuk biasanya digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor. Banyak dimanfaatkan pada aplikasi yang berbasis gambar, karena penggunaannya lebih mudah dari pada memasukkan perintah lewat pengetikan. Contoh dari peranti ini antara lain : mouse, trackball, pointing stick, touchpad, touch screen, joystick, peranti berbentuk pena, light pen dan digitizing tablet.

Cara penggunaaan peranti ini ada beberpa macam, salah satunya adalah dengan cara menggeser peranti ke arah yang dikehendaki dan untuk memilih pilihan yang ada pada layar dapat dilakukan dengan cara menekan tombol yang ada pada peranti tersebut. Beberapa macam peranti yang pengopersiannya seperti ini ada pada mouse, trackball, pointing stick, touchpad dan joystick.

Penggunaan peranti penunjuk juga ada yang harus menggunakan media tertentu untuk pengoperasiannya, yaitu berupa layar yang peka dengan gerakan, sentuhan ataupun cahaya dari peranti penunjuknya. Pengoperasian seperti ini biasanya terdapat pada touch screen, peranti berbentuk pena, light pen dan digitizing tablet.


    1. Peranti Pengambil Gambar Terformat.

Peranti ini digunakan untuk mengambil citra terformat. Yang dimaksud citra terformat adalah bentuk atau formatnya sudah ditentukan, sehingga membantu peranti tersebut menerima masukan yang kemudian bisa diubah menjadi sinyal digital. Contoh peranti ini antara lain : bar code reader, MICR ( Magnetic Ink Character Recognition ), OMR ( Optical Mark Recognition ) dan OCR ( Optical Character Recognition ).

Jenis citra terformat antar lain bar kode ( pola garis-garis hitam putih yang biasa dijumpai pada barang-barang produksi ), karakter yang ditulis dengan tinta magnetik, blok tulisan pensil.


    1. Peranti Pengambil Gambar Tak Terformat.

Peranti ini digunakan untuk mengambil mengambil gambar yang belum memiliki format baku ke data digital. Contoh peranti ini antara lain : image scanner, digital camera, pembaca retina mata dan fingerprint reader. Dengan peranti ini, gambar dari suatu obyek dapat diambil dan diubah menjadi suatu file data digital yang memiliki extension.

Beberapa contoh extension data digital yang digunakan pada peranti ini antara lain : BMP, GIF, ICO , JPEG, PDF, PNG, PSD, TIFF dan lain-lain.


    1. Peranti Suara.

Peranti ini digunakan untuk menangkap masukan berupa suara agar dapat diubah menjadi isyarat digital. Contoh peranti suara antara lain : microphone, ASR ( Automatic Speech Recognition ) dan touchtone.

Jenis suara yang bisa ditangkap oleh peranti suara antar lain suara audio, kata-kata manusia ataupun nada tone dari tombol-tombol elektronik ( tombol-tombol pada telepon dapat menghasilkan nada yang berbeda pada tiap tombol ).


    1. Peranti Video.

Peranti video digunakan untuk menangkap gambar / obyek bergerak menjadi isyarat komputer. Dengan peranti ini, suatu gerakan / kejadian dapat direkam dan disimpan menjadi file data digital yang memiliki extension. Contoh peranti video antara lain : handycam dan camcorder.

Beberapa contoh extension data digital yang digunakan pada peranti ini antara lain : 3GP, AVI, MPEG, OGG, RM dan lain-lain.


    1. Peranti Gerakan.

Peranti gerakan digunakan untuk memantau gerakan manusia. Peranti ini, sering dimanfaatkan pada virtual reality dan juga pada pembuatan animasi atau game untuk mengambil gerakan manusia sebagai contoh gerakannya. Contoh peranti gerakan antara lain : headset, glove dan walker.


    1. Peranti Masukan lainnya.

Ada beberapa macam peranti masukan yang digunakan secara umum oleh masyarakat, biasanya penggunaannya digunakan untuk keperluan tertentu. Contonya antara lain : sensor, RFID ( Radio Frequency Identification Device ), magnetic card reader dan smart card reader.

Sensor dapat mengambil data langsung dari lingkungan, biasanya digunakan pada alat pendeteksi bencana alam dan alarm security. RFID biasanya digunakan sebagai alat pelacak. Magnetic card reader digunakan untuk membaca pita magnetic ( dalam pita ini terdapat data tertentu ) yang biasa ada pada kartu ATM. Smart card reader digunakan untuk membaca smart card ( sebuah computer berukuran kecil berupa chip yang mengandung prosesor, RAM dan ROM, bahkan system operasi dengan keamanan yang sangat tinggi ), salah satu jenis smart cart adalah SIM card pada kartu telepon selular.

1 komentar:

cetmobille body repair mengatakan...

wow dude mana artikel yang lain
keren tuh tulisannya!!!